Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pagar klasik besi tempa

Ornamen Besi Tempa

Ornamen Besi Tempa yang Bagus dan Menawan

Berbagai jenis ornamen besi tempa dibuat menarik dilihat. Selain keindahan, tentu aspek keamanan juga harus menjadi hal utama dalam pemasangan teralis.
 
Salah satu komponen penting dari teralis besi tempa adalah ornamen. Bagian ini berfungsi untuk menambah keindahan yang dimiliki teralis sehingga indah dan cantik untuk dipandang. Akan tetapi, membuat berbagai jenis ornamen besi tempa bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.
Dibutuhkan skill atau keahlian khusus serta peralatan yang memadai untuk menciptakan ornamen yang bagus. Bahkan, tidak semua perusahaan besi tempa bisa membuat ornamennya sendiri. Sebagian dari mereka memilih untuk membeli dari produsen lain lalu dipasang pada produknya.
Terdapat berbagai jenis ornamen yang bisa dibuat pada besi tempa, mulai dari ulir, hewan, bunga, atau berbagai bentuk abstrak unik lainnya yang bagus. Proses pembuatan ornamen membutuhkan waktu yang tidak sedikit, karena harus mengerjakan setiap bagian dengan detail dan rapi.

Jenis-jenis Ornamen Besi Tempa

Untuk membuat pola besi tempa, dibutuhkan teknik pengelasan dan finishing. Keunggulan utama dari material besi adalah kekuatannya yang sangat mumpuni untuk digunakan pada berbagai bagian rumah. Terdapat beberapa jenis ornamen dari besi tempa yang umum digunakan, yaitu:

1. Ekoran

Saat membuat ornamen untuk besi tempa, pasti bagian bawah atau ujungnya dibuat ekoran yang cantik. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan yang berbeda dan menambah nilai estetikanya. Jika tidak membuat ekoran, maka teralis akan terlihat sangat klasik dan cenderung tidak menarik.
Ekoran besi tempa juga bermanfaat untuk memberikan tanda bahwa bagian tersebut adalah ujung dari teralis. Misalnya, pada teralis pagar harus dibuat ekoran yang berukuran besar dan tidak runcing agar orang yang memegang pagar tersebut tidak tertusuk atau tergores.
Sementara itu, jika membuat teralis balkon, juga harus menggunakan ornamen ekoran yang kokoh. Tujuannya agar orang yang menyentuh pinggiran balkon tidak tergelincir, terjatuh, atau tertusuk. Membuat ekoran besi tempa membutuhkan skill dan teknik khusus serta waktu yang sedikit lama.
Meskipun demikian, pelanggan bisa memesan ornamen ekoran sesuai dengan keinginannya, namun harus tetap memperhatikan aspek keamanan dan estetika. Anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut kepada perusahaan jasa pembuatan ornamen untuk menghindari kesalahan pemilihan.

2. Tengahan (Ceteran)

Selain bagian ekor, ornamen untuk besi tempa juga dibuat pada bagian tengah yang dikenal dengan istilah tengahan atau ceteran. Oleh karena posisinya berada di tengah, maka ornamen ini lebih mengutamakan aspek keindahannya. Jadi, pelanggan bisa memilih ornamen yang cantik atau unik.
Ornamen tengahan akan menjadi pusat perhatian dari seluruh bagian teralis. Maka tidak heran jika pelanggan akan lebih dulu untuk mempertimbangkan ornamen tengahan seperti apa yang mereka ingin gunakan. Sebagai referensi, usahakan untuk memilih ornamen yang sesuai dengan konsep hunian.
Misalnya, desain rumah Anda mengusung tema klasik dengan warna yang netral dan minim pola pada bagian dinding. Nah, untuk memilih jenis ornamen dapat menggunakan 2 konsep, yaitu mengikuti hunian yang serba klasik atau ingin memberikan kesan yang baru dengan sentuhan minimalis.
Meskipun keduanya berbeda, namun klasik memiliki kesamaan dengan minimalis, dimana keduanya sama-sama tidak membutuhkan pola yang banyak. Akan tetapi, klasik akan menonjolkan gaya tradisional, sementara minimalis akan menghadirkan kesan modern.

3. Daun

Untuk mengisi bagian teralis, sebagian orang memilih untuk menggunakan ornamen daun tempa. Selain modelnya yang cantik, ornamen daun juga lebih mudah untuk dikombinasikan dengan desain lainnya. Jadi, Anda tidak hanya menggunakan satu ornamen saja, namun bisa ditambah pola lain.
Umumnya, pembuatan ornamen daun menggunakan besi alferon. Akan tetapi, banyak perusahaan yang juga menggabungkan jenis besi tersebut dengan nako atau besi plastrip. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan harga material serta ketebalan besi yang akan digunakan.
Pemberian warna pada ornamen daun juga bisa dikreasikan sesuai kreatifitas masing-masing. Artinya, tidak harus menggunakan warna hijau sebagaimana warna representasi dari daun secara umum. Anda bisa menyesuaikan warna daun sesuai dengan warna teralis maupun rumah.

4. Mahkota

Jenis ornamen besi tempa selanjutnya adalah mahkota. Sesuai dengan namanya, ornamen besi ini memiliki bentuk persis seperti mahkota dan umumnya ditempatkan pada bagian atas pagar atau pintu gerbang. Dengan begitu, akan memberikan tampilan pagar yang jauh lebih cantik.
Jika tidak menggunakan ornamen mahkota, maka pagar rumah Anda akan terkesan sangat polos dan kurang menarik untuk dilihat. Ukuran mahkota juga berbeda-beda, tergantung pada ukuran pagar atau teralis lain. Jika pagar rumah Anda cukup besar, maka mahkota yang dibuat juga sebaiknya besar.
Posisi penempatan mahkota juga harus diukur dengan baik agar tetap di tengah. Oleh karena itu, pembuat teralis akan menghitung dengan benar agar tidak salah pasang dan akhirnya membuat tampilan mahkota menjadi miring atau tidak pas sehingga terlihat aneh.

5. Tombak

Model tombak juga seringkali dibuat sebagai ornamen dalam berbagai teralis. Model ini tidak hanya mengedepankan keindahan, namun juga aspek keamanannya. Saat memasang ornamen tombak di pagar rumah, maka akan ditempatkan pada bagian ujung tepat pada masing-masing tiang.
Dengan demikian, orang asing tidak akan mudah untuk melompat secara sembarangan untuk masuk ke dalam rumah. Ornamen tombak biasanya dibuat dengan ujung yang runcing agar dapat melukai atau membahayakan orang-orang yang nekat untuk melaluinya.
Ornamen jenis ini bisa dikreasikan dengan berbagai model tombak yang ada di Indonesia. Akan tetapi, penghuni rumah juga harus menghindari untuk menyentuh ujung tombak agar tidak terluka. Tinggi ornamen tombak umumnya dibuat sedikit lebih panjang agar menambah tinggi pagar rumah.

6. Handle

Jika biasanya handle dipasang pada pintu, maka Anda juga harus mengetahui bahwa alat tersebut juga dipasang di teralis pagar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda membuka dan menutup pagar. Handle dapat dibuat menggunakan material besi tempa agar lebih kokoh dan tahan lama.
Terdapat berbagai jenis ornamen handle yang bisa dipilih, mulai dari motif garis, bunga, ukur, ulir, dan lain sebagainya. Bahkan, Anda dapat membeli handle dari tempat lain lalu meminta tukang teralis untuk memasangnya di pintu atau pagar. Ini dapat dilakukan jika terdapat model handle tertentu yang disukai.
Bahkan ada handle yang dilengkapi dengan kunci untuk menambah keamanan. Model ini dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan agar nantinya rumah menjadi sulit untuk dibobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau pencuri.

7. Tiang Master

Ornamen dari besi tempa yang terakhir adalah tiang master. Ornamen jenis ini digunakan pada teralis balkon dan tangga khususnya pada tiang awal, tengah, serta akhir. Sama dengan namanya, tiang master adalah ornamen berbentuk tiang yang biasanya sebagai penghubung antar ornamen lain.
Selain itu, jika penghuni rumah ingin bertumpu pada pinggiran tangga atau balkon, maka lebih aman jika memegang tiang master. Hal ini disebabkan karena ukurannya yang dibuat lebih besar seiring dengan kekuatannya untuk menahan beban.
Teralis yang dipasang pada bagian rumah untuk keamanan akan terlihat membosankan tanpa adanya ornamen. Untuk membuat ornamen besi tempa yang cantik seperti ekoran, tengahan, tiang master, dan berbagai model lainnya, dapat menghubungi lamhar.



Posting Komentar untuk " Ornamen Besi Tempa"