Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pagar klasik besi tempa

besi tempa pagar

Besi Tempa Pagar: Kenali Kelebihan, Kekurangan dan Tips Perawatannya

Besi tempa pagar adalah bahan terbaik yang dapat membuat tampilan bangunan Anda jadi terlihat lebih mewah dan megah. Lantas, bagaimana perawatannya?

Besi tempa merupakan jenis logam yang memerlukan pemanasan serta pemukulan khusus untuk membentuk desain dan pola seperti yang diinginkan. Penggunaan logam jenis ini biasanya banyak digunakan untuk besi tempa pagar, pintu ataupun teralis pada bangunan.
Dalam prosesnya, besi tempa dipanaskan dengan suhu yang tinggi. Selanjutnya, pengrajin akan membentuknya dengan palu atau alat pemukul lainnya. Tidak heran, jika proses pembuatan pagar, teralis atau pintu dari besi tempa ini membutuhkan cukup banyak waktu.
Penggunaan besi tempa merupakan bahan terbaik yang bisa Anda pilih. Pasalnya, jenis logam satu ini akan memberikan sentuhan klasik dan estetika yang elegan pada bangunan Anda. Tidak haran, jika logam satu ini dapat membuat bangunan Anda jadi terlihat lebih mewah dan megah.

Kelebihan Besi Tempa Pagar sebagai Bahan Utama

Besi tempa memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membuat pagar bangunan. Apa saja kelebihannya? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya!

1. Kuat, Kokoh dan Tahan Lama

Seperti yang sudah disebutkan, besi tempa merupakan jenis besi yang ditempa secara manual dengan pemanasan dan pemukulan. Hal ini menjadi bukti bahwa logam satu ini memiliki sifat yang kuat dan kokoh pada cuaca ekstrem. Selain itu, pemolesan yang sesuai membuat besi tahan korosi.

2. Memiliki Tampilan yang Estetik

Meski kuat dan kokoh, besi tempa memiliki tampilan yang sangat elegan, artistik dan klasik. Proses pembentukannya dibuat dengan sedemikian rupa sehingga detail yang dihasilkan sangat cantik dan menarik. Cocok untuk Anda yang mengutamakan sentuhan estetika pada desain pagar.

3. Bisa Didesain Sesuai Keinginan

Untuk mendapatkan desain yang sesuai dengan keinginan, Anda bisa fleksibel menentukan modelnya. Aneka pola bisa Anda sesuaikan dengan preferensi hingga gaya arsitektur yang diinginkan. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk lebih dekat dengan bangunan impian Anda.

4. Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa pagar besi tema ini memiliki tampilan yang kokoh dan kuat. Dengan pola yang rapat, pagar jenis ini mampu memberikan penghalang fisik yang efektif untuk melindungi area bangunan Anda.

5. Perawatan yang Mudah

Kelebihan lain dari pagar jenis ini adalah perawatannya yang mudah. Biasanya, Anda hanya cukup membersihkan debu dan kotoran pagar secara teratur dengan menggunakan air bersih. Hanya dengan melakukan hal ini, besi tempa pagar rumah Anda akan lebih tahan lama terhadap korosi.

6. Bisa Jadi Nilai Investasi

Sudah bukan rahasia lagi jika pagar jenis ini memiliki tampilan yang mewah. Hasilnya, bangunan Anda akan terlihat lebih megah dan mewah serta memiliki nilai estetika yang tinggi. Dengan kesan ini, nilai jual properti Anda akan meningkat secara signifikan karena terlihat lebih eksklusif.

Kekurangan Pagar Besi Tempa

Meskipun besi tempa pagar memiliki banyak kelebihan yang sangat menjanjikan, namun ada juga beberapa kekurangan yang juga perlu Anda pertimbangkan. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan besi tempa yang dibuat untuk pagar. Apa saja?

1. Membutuhkan Biaya Lebih Tinggi

Untuk membuat pagar besi dengan jenis tempa, Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, harga pagar besi tempa per meter termasuk lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Proses pembuatan yang rumit merupakan salah satu alasan mengapa harga besi tempa untuk pagar cukup tinggi.

2. Memiliki Ukuran Body yang Berat

Besi tempa memiliki body yang relatif lebih berat dibandingkan dengan pagar berbahan dasar logam lainnya seperti baja atau aluminium. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kebutuhan struktur penyangga yang kuat untuk menopang beban berat pada pagar.

3. Desain yang Cukup Rumit

Pagar jenis ini biasanya memiliki pola desain yang rumit dan estetik. Karena itulah, pagar besi tempa ini tidak cocok untuk Anda yang mendambakan bangunan dengan tampilan minimalis dan modern yang lebih sederhana.
Meskipun polanya rumit, namun besi tempa masih memiliki celah terbuka yang memungkinkan hewan peliharaan untuk keluar masuk. Jika Anda memiliki banyak hewan peliharaan, menggunakan pagar besi tempa tidak begitu disarankan.

4. Butuh Perawatan dan Pemeliharaan Rutin

Walaupun termasuk jenis yang tahan terhadap korosi, namun hal ini harus disertai dengan perawatan yang rutin. Salah dalam perawatan bisa berpotensi membuat pagar Anda jadi lebih cepat mengalami aus dan korosi.
Agar bisa kuat dan tahan lama terhadap korosi, Anda harus melakukan perawatan dan pemeliharaan rutin. Meskipun hanya membutuhkan air bersih untuk proses pembersihannya, namun tentu saja hal ini harus dilakukan secara rutin dan teratur.

Tips Merawat Pagar Besi Tempa Agar Tahan Lama

Saat memilih besi tempa sebagai bahan dasar pembuatan pagar impian, Anda harus komitmen untuk merawatnya secara teratur. Pasalnya, salah perawatan hanya akan membuat pagar impian Anda cepat rusak. Berikut ini adalah tips merawat besi tempa pagar.

1. Lakukan Pembersihan Secara Teratur

Agar pagar besi bisa tahan lebih lama, lakukan pembersihan secara rutin dan teratur menggunakan air hangat dan sabut yang lembut. Jika perlu, gunakan sikat atau kain yang lembut untuk membersihkan debu, kotoran atau noda yang menempel pada besi tempa.
Perlu diperhatikan agar Anda membersihkan permukaan pagar dengan hati-hati. Hal ini adalah antisipasi agar pagar Anda terhindar dari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan berupa goresan-goresan disengaja ataupun tidak.

2. Hindari Membersihkan dengan Bahan-Bahan Kimia

Saat membersihkan pagar besi, hindari menggunakan bahan-bahan kimia. Penggunaan bahan-bahan kimia bukan malah membuat pagar menjadi bersih namun malah dapat berpotensi merusak permukaan besi. Cukup gunakan air hangat dan kain halus saja.

3. Hindari Paparan Air yang Berlebihan

Meskipun disarankan menggunakan air hangat untuk membersihkan permukaan pagar, hindari paparan air yang berlebihan. Pasalnya, jika besi terlalu banyak kontak dengan air akan meningkatkan risiko korosi. Jadi, pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh setelah pembersihan.

4. Rutin Lapisi dengan Cat Anti-Karat

Selain membersihkan secara rutin, Anda juga harus mengaplikasikan pelindung anti karat dengan teratur. Biasanya pelindung anti karat ini berupa cat khusus. Aplikasi cat pada besi tempa pagar dapat membantu melindungi besi dari korosi akibat paparan cuaca ekstrem.
Pengaplikasian cat untuk pelapis anti karat ini juga wajib Anda perhatikan apabila menemukan permukaan yang terkelupas atau rusak. Jadi, jangan pernah menunda-nunda untuk melakukannya. Pasalnya, hal ini bisa berakibat lebih buruk pada kerusakan-kerusakan selanjutnya di kemudian hari.

5. Lakukan Pemeriksaan Secara Berkala

Agar tidak terjadi kerusakan yang fatal, coba untuk melakukan pemeriksaan rutin secara berkala. Langkah ini dilakukan dengan tujuan melihat tanda-tanda kerusakan. Apabila ada indikasi kerusakan, segera lakukan tindakan lebih lanjut. Hal ini dapat mencegah kerusakan yang lebih ekstrem nantinya.
Dengan perawatan yang tepat, besi tempa pagar akan lebih awet dan tahan lama. Karena itulah,lamhar menyediakan besi berkualitas terbaik yang dapat memudahkan Anda dalam perawatan pagar di bangunan impian Anda.


Posting Komentar untuk "besi tempa pagar"