Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

pagar klasik besi tempa

Besi Tempa adalah

Besi Tempa Adalah: Pengertian, Karakteristik dan Keunggulan

Pengertian besi tempa adalah material logam yang dibuat dengan proses penempaan untuk dijadikan karya seni hingga furnitur seperti pagar rumah.
 
Dalam mengenali beberapa jenis bahan utama furnitur rumah, mungkin Anda akan menemui besi tempa sebagai salah satunya. Besi tempa adalah material yang umum digunakan untuk membuat pagar, railing, hingga teralis.
Materialnya memang memiliki sifat yang kuat dan kokoh hingga tidak heran jika kerap dijadikan bahan utama dalam membuat pagar. Selain itu, besi tempa juga memiliki sifat mudah dibentuk setelah dipanaskan dalam suhu yang tinggi.
Karakteristik ini memenuhi dua fungsi pagar rumah yang berperan sebagai proteksi tambahan sekaligus membuat hunian lebih artistik. Memiliki sifat yang unik, simak ulasan di bawah untuk mengenal besi tempa mulai dari karakteristik hingga keunggulannya.

Besi Tempa Adalah Salah Satu Material yang Kokoh

Besi tempa cukup populer jika dibandingkan dengan besi cor karena sifatnya yang relatif lebih kuat serta kokoh. Ternyata hal ini tidak terlepas dari kandungan karbon dalam besi tempa yang memang sangat rendah.
Disebutkan bahwa kandungan karbon di besi tempa rata-rata di bawah 0,08%. Tentu ini angka yang terbilang rendah mengingat kandungan karbon dalam besi cor mencapai angka 4%.
Selain sifatnya yang kokoh karena rendah kandungan karbon, besi tempa juga memiliki berbagai karakteristik sebagai berikut:

  • Bisa lunak dan mudah dibentuk karena memiliki kandungan pengotor di bawah 5% yang terbilang cukup rendah
  • Memiliki struktur yang berserat karena terak yang dimasukkan saat proses penempaan
  • Lebih tahan korosi karena memiliki kandungan terak
  • Terbuat dari besi kasar (pig iron) dengan tambahan berbagai senyawa meliputi fosfor, silikon, mangan, serta karbon
  • Bersifat kuat karena rendahnya kandungan karbon
  • Bersifat daktilitas, yaitu bisa ditarik hingga diregangkan tanpa mengalami kerusakan
  • Umumnya berbentuk lembaran, batangan, pelat, hingga pipa

Dari berbagai sifat besi tempa di atas, tidak heran jika banyak yang memilih menggunakan besi tempa meskipun harganya terbilang mahal. Ini karena dari segi keamanan saja besi tempa lebih baik jika dibandingkan dengan besi cor atau kayu.
Materialnya cukup kokoh dan tidak mudah rusak atau bahkan berjamur. Bentuknya yang bisa disesuaikan selera setiap pelanggan juga membuat hunian terlihat lebih menarik sesuai dengan masing-masing selera.

Kelebihan Penggunaan Bahan Besi Tempa

Saat memesan pagar atau railing dengan bahan dasar besi tempa, umumnya pelanggan harus sedikit bersabar karena akan dibutuhkan waktu hingga furnitur diselesaikan. Namun, pertanyaannya mengapa material ini masih begitu diminati banyak orang?
Ternyata hal ini tidak terlepas dari berbagai keunggulan dari besi tempa yang belum tentu bisa didapatkan dari material lainnya. Agar bisa mengetahui lebih lanjut tentang berbagai kelebihan tersebut, langsung saja simak poin di bawah:

1. Sebagai Proteksi Tambahan

Tidak bisa dipungkiri salah satu keunggulan yang paling banyak diincar dari material besi tempa adalah bahannya yang begitu kuat. Dengan keunggulan satu ini, maka furnitur dari besi tempa bisa difungsikan sebagai proteksi tambahan yang cukup efektif.
Pagar ataupun teralis yang terbuat dari besi tempa tentu akan lebih sulit untuk dirusak secara sengaja. Dalam kasus pencuri, sosoknya akan membutuhkan waktu yang cukup lama serta tenaga ekstra untuk bisa merusak pagar atau teralis besi tempa.
Selain itu, besi tempa dengan model meruncing juga umum digunakan untuk memagari suatu tempat yang menyimpan barang berharga.

2. Meningkatkan Unsur Artistik

Selain sebagai proteksi tambahan, kegunaan besi tempa selanjutnya adalah untuk menambah unsur artistik suatu hunian. Sesuai namanya, besi tempa dihasilkan dari logam yang dipanaskan dengan suhu tinggi tertentu dan di tempa.
Dalam proses penempaan, besi dapat dibengkokkan, ditipiskan, hingga dipadatkan. Sementara itu, beberapa jenis besi tempa juga bisa dibentuk tanpa perlu dipanaskan namun cukup dibelokkan, dipotong, atau disambung.
Dengan kegunaan ini, tentu besi tempa bisa dibentuk sesuai situasi, kondisi, hingga selera masing-masing pelanggan. Motifnya yang saling melengkung membuat pagar, teralis, atau railing dari besi tempa membuat nilai artistik hunian meningkat.

3. Material Kokoh

Seperti yang telah disinggung di atas, salah satu kelebihan yang dicari dari besi tempa adalah sifatnya yang kokoh. Jika dibanding dengan besi las, maka besi tempa memiliki tingkat kekokohan yang lebih bagus.
Setiap bagian material yang disatukan hingga membentuk motif tidak mudah terlepas satu sama lain dan menyatu dengan baik. Apalagi jika lengkungan motif dibuat tanpa harus memotong atau menyambungkan besi tempa.
Pagar akan menjadi satu kesatuan dan berdiri dengan kokoh. Ini berbeda dengan pagar besi yang mungkin mengalami pengaratan. Hal ini juga berbeda pula dengan pagar kayu yang bisa saja lapuk, dimakan rayap, hingga berjamur.

4. Bersifat Daktilitas dan Tahan Korosi

Besi tempa memiliki sifat daktilitas yang mana bisa menerima tegangan tanpa rusak sama sekali. Dengan sifat ini, besi dapat dilekukkan, ditempa, diregangkan, atau ditarik tanpa putus.
Sementara itu, sifat tahan korosi besi tempa akan mencegah logam mengalami kerusakan setelah bereaksi dengan lingkungan dalam waktu yang cukup lama. Beberapa logam mungkin akan mulai berkarat, namun besi tempa terbilang cukup tahan korosi.
Dengan adanya dua sifat ini, besi tempa hadir menjadi material yang sempurna jika dijadikan pagar ataupun teralis. Mengingat pagar nantinya menjadi garda terdepan dari suatu hunian dan akan terpampang lingkungan hingga bertahun-tahun ke depan.

Kegunaan Besi Tempa

Mengingat besi tempa adalah material yang kokoh dan memiliki banyak keunggulan, tidak heran jika terdapat banyak kegunaan di dalamnya. Mulai dari pembuatan karya seni hingga menjadi bahan dasar permbuatan furnitur-furnitur rumah. Untuk mengetahui kegunaan lainnya, simak poin di bawah:

1. Pembuatan Pagar Rumah

Banyak pagar rumah yang dibuat dari besi tempa. Pagar merupakan furnitur penting yang berfungsi sebagai proteksi rumah sekaligus menggambarkan keindahan nuansa hunian. Itulah mengapa besi tempa banyak digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan pagar.
Materialnya yang kokoh akan membuat pagar tidak mudah ditembus atau dirusak. Sementara sifatnya yang lebih elastis membuat besi tempa bisa dibentuk dan menghasilkan tampilan yang menawan.

2. Bahan Dasar Baut

Besi tempa juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan baut. Elemennya dapat ditekan serta ditempa sehingga menghasilkan bentuk baut. Sementara itu, sifatnya yang kuat cocok dengan fungsi baut yang digunakan untuk memperkokoh bagian-bagian barang tertentu.

3. Pembuatan Teralis Jendela dan Pintu

Besi tempa juga sangat umum digunakan untuk pembuatan teralis pada jendela serta pintu. Meski harga besi tempa relatif lebih mahal, nyatanya bahan ini tetaplah sangat populer. Hal ini tidak terlepas dari keunggulannya mulai dari fisik yang kokoh, mudah dibentuk, serta tidak gampang berkarat.
Bisa disimpulkan bahwa besi tempa adalah material yang kokoh untuk dijadikan furnitur rumah. Jika tertarik menggunakan produk pagar hingga railing besi tempa, cobalah kunjungi jasa penyedia yang terpercaya di lamhar.

Posting Komentar untuk " Besi Tempa adalah"